WHAT'S NEW?
Loading...

E-Commerce


Pengertian E-Commerce
Electronic Commerce (E-Commerce) secara umum merupakan kegiatan bisnis atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen , Manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan Pedagang Perantara (Intermediateries) dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini media elektronik utama dengan menggunakan internet.
Konsep E-Commerce
Automation
Otomasi bisnis proses sebagai pengganti proses manual (konsep “enterprise resource planning”)
Streamlining / Integration
Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif (konsep “just in time”).
Publishing
Kemudahan berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan  jasa yang diperdagangkan (konsep “electronic cataloging”)
Interaction
Pertukaran informasi/data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error  (konsep “electronic data interchange”)
Transaction
Kesepakatan dua pelaku bisnis untuk bertransaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi pembayar (konsep “electronic payment”)

Perkembangan E-Commerce di Indonesia
  1. Kultur
·         Masyarakat Indonesia, yang masih belum terbiasa dengan berbelanja dengan katalog.
·         Masih harus melihat secara fisik atau memegang barang yang akan dijual.
·         Masih senang menawar harga yang dijual.
2.       Kepercayaan
·         Kepercayaan antara penjual dan pembeli masih tipis.
·         Kepercayaan kepada pembayaran elektronik masih kurang.
·         Penggunaan masih jarang.
Ruang Lingkup E-Commerce
  1. Business To Business (B2B)
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar.
Karakteristik
          Pertukaran informasi yang dilakukan antar pembisnis tersebut atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
          Pertukaran Informasi yang dilakukan dengan format yang sudah disepakati dan Service sistem yang digunakan antar kedua pembisnis juga menggunakan standard yang sama.
          Salah satu pelaku bisnis tidak harus menunggu rekan bisnisnya untuk mengirimkan datanya.
          Sarana yang digunakan EDI (Electronic Data Interchange )
          Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dengan model ini antar pelaku bisnis lebih mudah untuk mendistribusikan informasi yang dimilikinya

  1. Business To Consumer ( B2C)
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.
Karakteristik
·         Informasi disebarkan secar umum.
·         Pelayanan yang diberikan bersifat umum sehingga banyak digunakan oleh banyak orang.
·         Pelayanan yang diberikan berdasarkan permintaan. Konsumen melakukan permintaan, maka pelaku usaha harus cepat dan siap merespon permintaan konsumen tersebut.

  1. Consumer To Consumer (C2C)
Merupakan sistem komunikasi dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.
Karakteristik C2C
          Pada lingkup konsumen ke konsumen bersifat khusus karena transaksi yang dilakukan hanya antar konsumen saja, seperti Lelang Barang.
          Internet dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi tentang produk, harga, kualitas dan pelayanannya.
Mekanisme Pasar E Commerce
  1. E-Marketplace
  2. E-Marketspace
  3. Supply Chain
  4. Faktor Sukes E-Market

Pengertian Supply Chain
Merupakan suatu aliran barang, informasi, uang, dan jasa dari  melalui para penyalur pabrik-pabrik dan  gudang sampai kepada pelanggan akhir. Termasuk juga organisasi dan pemroses yang menciptakan dan mengirimkan kepada pelanggan akhir.
Komponen dari Supply Chain
          Upstream Supply Chain
          Internal Supply Chain
          Downstream Supply Chain
Faktor Sukses E-Market
          Karakteristik Produk
          Karakteristik Industri
          Karakteristik Penjual
          Karakteristik Pembeli
Pengertian E-Payment
E-Payment suatu sistem menyediakan alat-alat untuk pembayaran jasa atau barang-barang yang dilakukan di Internet. Didalam membandingkan dengan sistem pembayaran konvensional, pelanggan mengirimkan semua data terkait dengan pembayaran kepada pedagang yang dilakukan di Internet dan tidak ada interaksi eksternal lebih lanjut  antara pedagang dan pelanggan.
Sistem Pembayaran
  1. Micropayment
  2. E-wallet
  3. E-cash / Digital Cash
  4. Credit Card, Smartcard
  5. Electronic Bill Presentment and Payment
Keamanan Untuk E-Payment
Untuk menjaga keamanan pembayaran:
  1. Public Key Infrastructure (PKI)
  2. Public Key Encryption
  3. Digital Signature
  4. Certificate Digital
  5. Secure Socket Layer (SSL)
  6. Transport Layer Security (TLS)
  7. Secure Electronic Transaction (SET)







0 comments:

Post a Comment